Sabtu, 18 Januari 2014

MACAM-MACAM KELINCI

Kelinciii... ummm kalau menurut saya, bintang imut dengan ciri khas telinganya yang panjang serta bulunya yang sangat lembut. Kali ini saya akan membahas tentang kelinci. Bagi kalian yang akan memelihara kenali dulu yuk jenis-jenisnya!


1. KELINCI ANGGORA

 
Kelinci anggora adalah kelinci jenis tertua yang berasal dari Ankara, Turki. Di Indonesia kelinci ini paling diminati sebagai kelinci hias (peliharaan). Beberapa faktor yang menarik dari kelinci anggora untuk dijadikan kelinci hias adalah bulunya yang lebat. Warna bulu kelinci anggora sangat bervariasi, mulai dari cokelat, putih, hitam oranye, hitam putih, abu-abu dan lain-lain. 

Berat kelinci anggora dewasa hanya 2,0 Kg-4,0 Kg saja. Namun, kelinci ini bisa terlihat besar karena bulunya sangat lebat. Kelinci anggora melahirkan 6 ekor anak dalam satu kali lahiran. 

2. Kelinci New Zealand

Sesuai namanya, kelinci ini berasal dari New Zealand. Mata kelinci ini berwarna merah dan telinganya tegak. Bulu kelinci ini tak setebal bulu kelinci anggora atau bisa dibilang standar. Populasi kelinci New Zealand White sangat banyak, sehingga tak heran kalau banyak yang memburunya dan mengolah dagingnya sebagai makanan. Daging kelinci ini termasuk daging dengan bobot protein yang lumayan (5,44 Kg)

Kelinci ini termasuk kelinci jenis REX. Berat badannya sekita 4,5-5 kg. Kelinci ini bisa melahirkan 8-12 ekor anak kelinci setiap lahiran.

3. Kelinci LOP

Kelinci ini memiliki ciri khas telinganya turun ke bawah, wajahnya yang lebar, sehingga sekilas seperti seekor anak anjing. Variasi warna bulunya hanya putih atau abu-abu. Matanya berwarna merah atau cokelat. Kelinci ini memiliki panjang tubuh 12-23 cm. Jenis kelinci ini sangat sulit untuk tinggal di Indonesia.

4. Kelinci Flemish Giant

Dari namanya, sudah pasti kelinci ini memiliki tubuh yang super duper besar. Beratnya adalah 22-23kg, panjang badannya lebih dari 51 cm, panjang telinga kelinci flemish giant pada saat dewasa bisa mencapai 15 cm, warna kelinci ini cukup bervariasi, ada; kuning muda, cokelat, abu-abu dsb. Pada umumnya kelinci ini diburu untuk diambil dagingnya, namun di Indonesia, kelinci ini lebih banyak dicari untuk dipelihara.

5. Kelinci Polish
Kelinci ini bisa disebut juga Polandia Rabbit. Walaupun kelinci ini membawa nama negara Polandia, bukan berarti kelinci ini berasal dari negara Polandia. Kelinci ini justru berasal dari negara Inggris. Kelinci ini bertubuh mungil, warna matanya berwarna biru, merah ataupun hitam. Kelinci ini sering diburu untuk diambil dagingnya.

6. Kelinci Havana

Kelinci ini memiliki tubuh yang kecil dan pendek, namun bagian bahunya lumayan berotot, kepalanya kecil dan lehernya hampir tak terlihat, bulunya sangat tipis, bulunya juga lembut nan mengkilap dengan panjang bulu sekitar 2,5 cm, kelinci ini memiliki berat tubuh 2,75 cm.

Nah, sudah cukup belum informasi tentang jenis-jenis kelincinya? Kalau belum nantikan informasi selanjutnya!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar